PROFIL PUSDAI

Profil Pusdai

Pusdai adalah lembaga dakwah di bawah naungan pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pusdai singkatan dari Pusat Dakwah Islam dan dikenal dengan sebutan Pusdai Jabar.

Pusdai secara fisik adalah bangunan masjid –Masjid Pusdai Jabar. Namun sebagai lembaga, Pusdai adalah lembaga dakwah atas fasilitas Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menjadi sentral pemrograman, pembinaan, dan pengembangan syiar Islam di wilayah Jawa Barat. Lembaga ini -–bersama Masjid At-Ta’wun Puncak Bogor dan Gedung Bale Asri-– berada di bawah kendali Yayasan Darma Asri (d/h Yayasan Dharma Bhakti), sebuah yayasan yang berada di bawah naungan Pemprov Jabar.

Dalam struktur organisasi, Pusdai dipimpin oleh seorang Direktur (kini dijabat oleh Drs. H. Zaenal Abidin, M.Ag) yang membawahkan empat bidang: Bidang Kajian Informasi dan Kemasyarakatan (KIK), Bidang Administrasi dan Keuangan (Adkeu), Bidang Pelayanan Ibadah dan Haji (PIH), serta Bidang Pendidikan dan Dakwah (Dikda).

Masjid Pusdai adalah bangunan utama di Kompleks Pusdai. Di sekeliling masjid terdapat berbagai ruang –termasuk ruang seminar, perpustakaan, dan sebagainya– sebagai kantor pengurus dan aktivis Pusdai.

Kompleks Pusdai berada di Jln. Diponegoro 63 Bandung, tak jauh dari Gedung Sate dan Lapaangan Gasibu Bandung, dan Kompleks Pusdai bersebelahan dengan Gedung RRI Bandung.

Gagasan pendirian Pusdai tercetus tahun 1978. Keputusan pembangunannya sendiri baru disetujui pada era 80-an. Rumitnya faktor pembebasan tanah seluas 4,5 Ha membuat pembangunan Pusdai baru bisa dimulai sekitar tahun 1992. Setelah sempat terhenti beberapa kali, akhirnya pembangunan PUSDAI Jabar rampung pada tahun 1997.

Salah satu sarana unik yang ada di sini adalah galeri AI Qur’an Mushaf Sundawi yang berada di bagian timur bangunan. Al Qur’an ini dibuat dengan tulisan yang diperkaya dengan motif-motif Islami khas Sunda, seperti misalnya motif batik Sunda dan motif tanaman-tanaman khas Jawa Barat.

Selain menyelenggarakan berbagai aktivitas ibadah sejumlah kegiatan lainnya rutin diselenggarakan oleh Pusdai, di antaranya adalah kuliah dhuha tiap hari Ahad di ruang seminar (09.00-10.30 WIB), kursus berbagai bahasa asing, kajian tafsir, diskusi keislaman, dan seminar, dan sebagainya .

Sejumlah rute angkutan kota maupun bis kota melewati Kompleks Pusdai, di antaranya: Angkot jurusan Cicaheum-Ciwastra, Riung Bandung-Dago, Cicaheum-Ciroyom, Cicaheum-Ledeng, ST Hall-Sadang Serang, Caringin-Dago, Gedebage-Awiligar, dan bis kota jurusan Dipatiukur-Jatinangor.*

PUSDAI ONLINE
Weblog Pusdai Online ini adalah portal informasi dakwah dan forum sosialisasi program Pusat Dakwah Islam Jawa Barat (Pusdai Jabar) Jln. Diponegoro No. 63 Bandung Tlp. (022) 7217531, 7217074 Fax (022) 7217531. Dikelola oleh Divisi Kajian dan Informasi Bidang Kajian Informasi dan Kemasyarakatan (KIK) Pusdai Jabar. Webmaster/Bloger: Kepala Divisi Kajian dan Informasi ASM. Romli (Romel)

Kontak email: infopusdai@yahoo.com. Sumbangan artikel dan informasi kegiatan keislaman dapat dikirimkan ke email tersebut atau di kolom komentar.

BLOG PARTNER:

Click to visit the original post

Dasar-Dasar Islam untuk Pemula. Blog baru berisi kumpulan artikel keislaman yang menerangkan dasar-dasar ajaran Islam untuk pemula. Cocok bagi pemula bagi yang ingin mendalami ajaran Islam. Alamat URL-nya http://inilahrisalahislam.blogspot.com/

Blog INILAH ISLAM ini berisi Kamus Islam, Mutiara Hikmah, Konsultasi Islam, Memahami Islam, dan lain-lain. Silakan langsung menuju Blog INILAH ISLAM.

19 Tanggapan

  1. Insya Alloh, tanggal 20-22 Agustus 2008 kami akan mengnjungi PUSDAI, mudah-mudahan bisa melihat langsung keunikan PUSDAI. Semoga Islam berkembang dan lestari di Bumi Jawa barat. salam

  2. Insya Allah, LTQ Jendela Hati bekerjasama dengan Divisi Al Quran mengundang semua sahabat Al Quran untuk ikut serta dalam acara Tasmi Al Quran 30 juz bersama Ust Abdul Aziz Abdul Rauf Lc, tanggal 16 Agustus 2008 mulai pukul 07.00- 19.00 di masjid raya Habiburrahman PT Dirgantara Indonesia. Contact Person: 02276013723 (Agam Hidayatullah)

  3. pak gmn hukumnya puasa senin kamis bila mau mengijak bulan ramdhan(seminggu sebelum ramadhan)

  4. Karena sudah masuk waktu sholat dzuhur, maka yang kami cari adalah Masjid, dan ketemulah sebuah Masjid besar, Masjid PUSDAI Bandung. Komentar kami ada di http://anetdot.multiply.com/journal/item/80/PUSDAI_SENGAJA_MEMBAWA_SARUNG_UNTUK_TIDUR

  5. saya kadang2 melakukan sholat zuhur dan ashar di pusdai. tetapi saya mendapat kesan bahwa Pusdai tidak terawat dengan baik. Kotor dimana-mana, karena pengunjung yang seenaknya membuang sampah makanan dll. Sangat disayangkan, nampaknya budaya kita masih susah mengingatkan mereka untuk berbuat baik, paling tidak untuk merasa memiliki Pusdai, sebagai aset milik kita warga Jawa Barat. Saya tidak tahu harus memberikan saran seperti apa, agar Pusdai yang kita cintai ini nyaman dan bersih, hanya semoga saja Pimpinan Pusdai bisa melaksanakan secara istiqomah insan pembersihnya. Salam

  6. Pusdai salah satu mesjid besar yang dimiliki masyarakat jawa barat khususnya masyarakat muslim.
    Saya termasuk salah satu jemaah yang sering sholat jum’at dan sholat tarawih di mesjid ini, karena para khatib dan penceramahnya juga pilihan, saya sangat bangga menjadi jamaah mesjid ini.
    Cuma ada satu permintaan saya, mengapa JADWAL KHATIB maupun JADWAL PENCERAMAH TARAWIH tidak pernah dipublikasikan melalui SITUS PUSDAI, saya yakin pusdai akan lebih makmur, dengan publikasi melalui situs yang ada.
    Memang Pusdai menyediakan hard copy jadwal-jadwal tersebut, namun terus terang saja saya agak segan untuk memintanya.
    Saya sangat menghargai perhatian dari para pengurus pusdai mengenai hal ini.

  7. Asm.
    Betulkah selain puasa, ada hukum qodo juga buat sholat.
    Bila dulu saya pernah ninggalin beberapa kali sholat secara sengaja karena sedang junub, apakah saya wajib mengqodonya ? kapan waktunya ? dan bagaimana ?
    Terimakasih.

  8. Aslm. Buat Sahabat yang Ingin Menunaikan Ibadah HAJI + Umroh secara GRATIS dan Punya USAHA Mandiri, Silahkan GABUNG di PRU Syariah.. TERBATAS HANYA UNTUK 16 ORANG SAJA. (Khusus Kota Bandung) ) Mohon Konfirmasi : 022 . 922 74 929 waslm. (TANPA BIAYA APAPUN) – HARI INI.

  9. Ass. wr. wb.

    Mohon penjelasan kepada pengurus PUSDAI dan kepada seluruh Ustad yang sempat membaca tulisan ini.

    Bila kita shalat berjamaah di masjid PUSDAI – Jawa Barat di Bandung, mengapa sajadah (karpet) arah kiblat makmum belum disesuikan dengan arah kiblat imam.

    Arah kiblat masji PUSDAI sudah lama dikoreksi oleh tim yang berkompeten tentang arah kiblat, tapi mengapa tidak dilaksanakan hasil koreksi tersebut dengan baik.

    Mengapa arah kiblat imam saja yang disesuikan dengan hasil koreksi. ?

    Mengapa makmum dibiarkan salah arah kiblatnya ?

    Terima kasih,
    Wass. wr. wb.

  10. Dakwah seperti yg dicontohkan oleh Rasululloh SAW dan para sahabat RA dahulu adalah mendatangi manusia, dan mengajak untuk taat kepada ALLOH SWT, targetnya adalah bagaimana umat islam bisa mengamalkan agama secara sempurna dalam kehidupan dan taat dengan cara yg dicontohkan Rosululloh SWT,jadi Pusdai harus menjadi pusat dai yg siap bergerak dan dikirim kemana saja, dan berkorban dgn harta,diri tanpa meminta bayaran,dan hanya semata mata mencari ridho ALLOH SWT dalam rangka mengajak manusia taat kepada ALLOH SWT,inilah usaha dakwah yg akan menurunkan pertolongan dan hidayah ALLOH SWT,dan inilah usaha ROSULULLOH SWT & para Sahabat dalam rangka perbaikan umat dan akan mengembalikan kejayaan umat Islam. mudah2an Pusdai menjadi Pusdai yg sebenarnya sebagaimana mesjid Nabawi di jaman ROSULULLOH SAW..amin

  11. Ustad mau tanya soal Tajwid, apakah namanya tanda harakat berdiri pada huruf selain mad badal.

    ma kasih.

    J.T

  12. kita sebagai ummat islam harus sentiasa ingat kita itu akan kemana.

  13. Assalamualaikum.
    Kepada pengurus mesjid pusdai, mhn jika akan sholat berjamaah agar ada pengurus yg mengecek ketertiban shaf khususnya utk akhwat karena seringkali tdk teratur khususnya saat shalat berjamaah seperti shalat tarawih. Mungkin sblm berjamaah imam mengingatkan keutamaan keteraturan shaf kpd para jamaah.

    Smg bs menjadi berkah bagi kita semua. Amiin.
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalam

  14. maaf mau tanya Ustadz… kalo boleh Tahu… PUSDAI Jabar bisa bantu untuk link DONATUR pembangunan renovasi masjid ato tidak.. ato bahkan apa ada Program Untuk membantu DOnasi pembangunan dan renovasi masjid.. mohon Info nya Ustadz… Hatur Nuhun.. Wassalamualaikum

  15. Mohon info apakah tahun baru islam nanti ( 15 nop 2012 ) ada acara mabit?

  16. Assalamu alaikum ….Insya Alloh kami dari DKM Al-Hidayah PT. DMC Teknologi Indonesia – Cikarang Bekasi , pada tanggal 7 Juni 2013 akan Rihlah ke PUSDAI…Semoga bisa langsung ikut di kuliah Dhuha dan bisa melihat2 mushaf Al-Quran , pustaka Islam dan kemegahan masjid PUSDAI ..
    Wassalam
    Subhana
    Ketua DKM Al-Hidayah

  17. Mudah-mudahan jabarmedia bisa sharing artikel atau berita dengan PUSDAI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: