BUKU TAMU

logo_pusdaiTerimakasih atas kunjungan Anda. Untuk ta’aruf dan silaturahmi, silakan isi kolom COMMENTS di bawah ini.

Pusdai (Pusat Dakwah Islam) adalah lembaga dakwah di bawah naungan pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebagai Islamic Center Jawa Barat.

Saran dan kritik membangun bisa disampaikan di halaman ini. Demi kemajuan dan perkembangan Pusdai, terutama demi kemajuan dakwah Islam.

31 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum
    salam silaturahmi

    (*) Wa’alaikum salam wr wb…. salam silaturahmi kembali.

  2. Assalaamu’alaikum. Marhaban Yaa Ramadhan!!! Maaf Buat Pengelola Kegiatan Ramadhan, ana butuh daftar kegiatan dan daftar Penceramah Taraweh Pusdai. Mohon dikirim ke email saya di rizalinux@gmail.com atau ke riza_ibnu_nasyir@yahoo.com. terima kasih. Wassalaam.

  3. assalamualaikum,,,
    saya mau tanya,,,awal bln puasa kmrn saya sudah haid slama 6 hari pas hari yg ke 15 saya mengalami bercak2 cokelat. apakah saya blh shalat n puasa? mengingat sudah lbh dr 15 hari saya mengalami hal seperti itu. syukron sebelumnya,,,
    wassalamualaikum…

  4. assalamu’alaikum…

    saya ingin tahu bagaimana caranya online di kedutaan besar arab saudi…
    karena jika kita ingin membuat visa ke arab, kita harus online terlebih dahulu.
    apakah Pusdai tahu?

    terima kasih sebelumnya

    wassalamualaikum

  5. Assalamualaikum Wr.Wb,
    Saya adalah mualaf yang baru saja masuk Islam,usia saya 42 tahun, saya ingin sekali bisa mempelajari dan bisa lancar baca tulis Qur’an. Adakah pihak yang dapat membantu tentunya dengan biaya yang tidak besar, waktu senggang saya adalah malam hari.Terimakasih

    (*) Wa’alaikum salam wr. wb. SIlakan bapak hubungi Bidang PIH di Pusdai, kami tunggu.

  6. Akhirnya kutemukan juga web Pusdai Jabar :) Isinya padat dan bermanfaat

    Mohon dimasukkan di blogroll web ini :
    http://www.percikaniman.org

  7. Assalamualaikum Wr.Wb,
    Saya hanya ingin bertanya apa yang seharusnya saya lakukan. Bagaimana supaya saya bisa merasakan kedamaian dan ketenangan hati setelah setiap sholat yang saya lakukan. Bahkan untuk membaca Al-Quran pun sering terasa berat. Saya hanya ingin merasakan ketenangan hati. Terima kasih.

    *) Wa’alaikum salam wr. wb. Menurut Al-Quran, sumber ketenangan hati adalah dzikrullah, mengingat Allah –bahwa ia Mahakuasa, Mahabijaksana, Mahatahu, Mahakasih, dan sebagainya, sehingga kita meyakini apa pun yang terjadi pada diri kita merupakan yang terbaik bagi diri kita, sesuai dengan amal kita. Tinggalkan maksiat, dengki, dan senantiasa istigfar, yakinlah Allah akan mengampuni semua dosa hambanya. Tugas kita hanya dua: ikhtiar dan doa. Insya ALlah. Allahu a’lam.*

  8. Assalamualaikum Wr.Wb,

    Saya adalah seorang pemuda berusia 26thn. Hampir selama ini saya tidak menekuni agama dengan serius, saya hanya menjalankan perintah agama yg sangat umum seperti shalat – mengaji – puasa dan semua itu masih angin2an dan saya angin shalat-ngaji-puasa saya sangat jauh dr standar, juga ditambah saya sering berbuat dosa besar.

    Alhamdulillah Ya Allah…
    Saat ini yg saya rasakan adalah saya ingin mengkahiri semuanya. Pelan-pelan saya mulai meninggalkan larangan-Nya, pelan2 saya mulai shalat 5 waktu, dan mengaji di waktu2 senggang. Saya ingin bertaubat, dan keinginan itu saat ini sangat besar. Setelah saya browsing sana sini, ternyata Islam itu sangat luas sekali, hingga saya bingung hrs memulainya dari mana.
    Apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu?
    Saya sangat membutuhkan pembimbing.
    Saya sangat memohonkan petunjuk.
    Terima kasih byk.

    (*) Syukur alhamdulillah Anda sudah berupaya melakukan perubahan ke arah yang baik. Semoga Allah SWT. memberikan istiqomah kepada Anda dan menerima taubat Anda. Mulailah dengan minta do’a kepada orang tua Anda, terus tingkatkan ilmu pengetahuan Islam, perbanyak dzikir dan istighfar, yakinlah bahwa Allah sayang kepada Anda, tidak mungkin Dia menelantarkan Anda. Perbanyaklah silaturrahim dengan para kiai mintakan nasihat dan do’a dari mereka. Selamat berjuang semoga sukses.

  9. Oiya lupa…
    tapi saya juga sedikit agak takut kalo saya salah belajar (menekuni). Karena dimana seperti yg kita ketahui, skrg byk aliran2 yg tidak jelas!

    Saya sangat memohonkan petunjuk.

    * untuk membentengi diri dari aliran2 sesat ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:
    1. Minta kepada Allah agar Anda ditunjuki jalan yang lurus dan dihindarkan dari ajaran/aliran sesat yang mengatasnamakan Islam.
    2. Pertajam perasaan (dzauq) Anda dengan memberbanyak dzikir kepada Allah, membaca al-Qur’an, dan shalat sunnah tahajjud.
    3. Setelah Anda membaca sebuah buku tentang Islam, diskusikan dengan para ‘alim, ustadz, kiai atau tokoh yang berkompeten di bidangnya.
    4. Jika ada pihak2 yang mengajak anda mendalami Islam lewat halaqah2 diskusi atau pengajian, cari tahu terlebih dahulu apa rujukannya, jika merujuk kepada Al-Qur’an cari tahu pula bagaimana kedalaman pemahamannya kepada al-Qur’an.
    5. Bacalah buku2 islam yang ditulis oleh ulama ternama yang dikenal berwawasan luas dan moderat seperti; Dr. Yusuf Qardhawi, Dr. M. Quraish Syihab dll.

  10. assalamu’alaikum, salam kenal semoga mempererat tali silaturahmi memperkokoh erat persaudaraan. amin
    waalaikumsalam

  11. Assalamualaikum Wr.Wb,

    Terima kasih byk atas respon dan dukungannya.
    Saya juga minta doa dr sodara2 yg lain, agar saya diberi kekuatan dan keteguhan hati untuk bertaubat.

    Kalo bole saya minta rujukan seorang kiai.
    adakah nama yg bisa saya kunjungi?
    lokasi saya di Bandung.
    Terima kasih byk.

    salam silaturahmi utk semuanya.

  12. assalamu’alaikum….

    ikut bergabung iaa..

  13. assalamualaikum,,, kapan pengajian+pendidikan ilmu2 islam utk remaja diadakan di PUSDAI ?
    trm ksh.

  14. assalamualaikum.

    ingin bertanya, apa yang harus kita lakukan agar Allah berkenan mengampuni dosa besar seperti zina misalnya???

    mhon jwbn.

    trm ksh.

  15. Ass.Wr.Wb.
    Yth. Bapak pengurus Masjid Pusdai, saya termasuk salah seorang yang sering melaksanakan solat jum’at di Pusdai ( jika khotibnya termasuk khatib favorit saya), namun kalau kita lihat waktu-waktu yang lalu, saya sering merasa “kecewa” karena khatib yang dijadwalkan diganti, tanpa pernyataan “maaf” pengurus kepada para jamaah.
    Baiknya pada saat sebelum solat jum’at dimulai, pada saat beberapa pengumuman disampaikan, pengurus menyatakan “ma’af” sekaligus menyatakan alasan ketidakhadiran khatib yang dijadwalkan ( jangan peggantian khatib ini seolah-olah tidak terjadi/khatib yang naik mimbar sesuai dengan jadwal).
    Mungkin hal ini akan mengurangi kekecewaan para jamaah, yang mungkin saja sudah lama menunggu, menanti-nanti khatib favoritnya naik mimbar, dan datang dari tempat yang jauh.
    Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf jika saya salah, mudah-mudahan hal ini akan membawa kebaikan bagi kita semua. Amin.

  16. Assalamu’alaikum..
    kunjungan silaturahim.. silakan memberi masukan untuk blog saya..

  17. Ass. wr. wb.

    Sebuah tanya bagi yang peduli Masjid PUSDAI,

    Mengapa arah kiblat imam tidak sesuai dengan arah kiblat makmum ?
    Arah kiblat imam serong kekanan 3 – 4 derajat ( sesuai hasil koreksi tim pembetulan arah kiblat ) tapi arah kiblat makmumnya masih tetap lurus.

    Bagaimana hukumnya kalau kita membiarkan hal ini terus berlangsung, arah kiblat imam tidak sama dengan arah kiblat makmum ?

    terima kasih,
    Wass. wr. wb.

  18. ada yang tau alamat email ust. Iwan Hermawan? dulu beliau tinggal di jl. parakan waas buah batu Bandung.
    terima kasih.

  19. assalamualaikum..
    saya mau tanya:
    saya lulusan MAN(madrasah aliyah negeri)
    saya pengen kuliah tapi terhalang masalah dana?
    terus saya dapet informasi mengenai pusdai
    menurut infornasi yang saya terima pusdai menyediakan pendidikan geratis apa itu benarmm
    terima kasih
    wassalamualaikum..

  20. assalamualaikum…

  21. saya mau bertanya..
    saya mendapat informasi,
    bahwa di pusdai menyediakan pendidikan gratis, apakah itu benar?

  22. ass wr wb, alhmdllh dapat bersilaturahim ,saya mau mendalami ilmu dakwah untuk bekal ,bagaimana caranya ,kebetulan saya diberi amanah untuk menyampaikan nasehat 2 agama ,terima kasih

  23. Assalamu’alaikum warahmatullah,
    Saya mau tanya. Jadwal pengajian rutin di pusdai hari apa saja? Karena yang di bagian AGENDA msh scr umum. Jika boleh, tolong dikasih lengkap beserta jam dan pengisinya. Jazakallah.

  24. Assalamualaikum.

    Saya Dody Irawan, dari lampung.
    Beberapa hari yang lalu saya ketipuan dengan orang Bandung, Namaya Sugiman Kusnadi. Ternyata banyak juga temen2 dari tokobagus.com yang tertipu dengan orang ini, saya kurang tau untuk di web yang lain. Hubungannya dengan Pusdai Bandung sebenarnya tidak ada apa-apa, cuma dia pernah janjian sama salah satu calon korbannya di depan Pusdai Bandung, mungkin dia orang sekitar sana.

    Mohon kirim alamat email Pusdai bandung ke saya agar saya bisa kirimkan foto dan beberapa hal tentang si penipu ini, dia juga berani menyebut atas nama Alloh, takut dengan azab Alloh dan atas nama Ibunya dalam menipu. Semoga hal ini dapat menjadi pelajaran dan kewaspadaan untuk Ummat, supaya tidak tertipu dengan orang ini. terimakasih.

    Wassalamualaikum

  25. Assalamualaikum.

    Saya Dody Irawan, dari lampung.
    Beberapa hari yang lalu saya ketipuan dengan orang Bandung, Namaya Sugiman Kusnadi. Ternyata banyak juga temen2 dari tokobagus.com yang tertipu dengan orang ini, saya kurang tau untuk di web yang lain. Hubungannya dengan Pusdai Bandung sebenarnya tidak ada apa-apa, cuma dia pernah janjian sama salah satu calon korbannya di depan Pusdai Bandung, mungkin dia orang sekitar sana.

    Mohon kirim alamat email Pusdai bandung ke saya agar saya bisa kirimkan foto dan beberapa hal tentang si penipu ini, dia juga berani menyebut atas nama Alloh, takut dengan azab Alloh dan atas nama Ibunya dalam menipu. Semoga hal ini dapat menjadi pelajaran dan kewaspadaan untuk Ummat, supaya tidak tertipu dengan orang ini. terimakasih.

    Wassalamualaikum

  26. assalamualaikum Ustadz Dede
    salam silaturahim

  27. Trims

  28. Ass. wr. wb.

    Ada gak ya yang berminat menggerakkan dan memberdayakan masyarakat pedesaan agar mereka lebih sejahtera kehidupannya ?

  29. Asmkm,,salam silaturahmi utk semuanya,saya skrg lgi mempelajari tentang PUSDAI, tpi untuk lingkungan sekolah SMK di jabar,,,mohon bantuan dan aspirasinya dri bpk ato ibu untuk sekolah kami SMK Negeri 6 Bandung..Trimakasih..(Guru Mapel PAI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: