Pasukan Islam Mulai Kuasai Somalia

somaliaKubu Islam Somalia “Al-Mujahidun” saat ini tengah menguasai hampir semua kota-kota besar Somalia. Presiden Somalia Abdullah Yusuf Ahmad mengatakan bahwa kubu Islamis Somalia “Al-Mujahidun” saat ini tengah menguasai hampir semua kota-kota besar Somalia. Ahmad mengkhawatirkan jika mereka akan segera bergerak menuju ibu kota Mogadishu dan melakukan kudeta.

Penyataan tersebut disampaikan Ahmad di hadapan beberapa anggota kabinet Somalia yang tengah berada di ibu kota Kenya, Nirobi. Ahmad juga mengakui jika pemerintahannya tak mampu berbuat apa-apa atas kejadian ini.

Salah seorang penduduk kota Paraou yang terletak di sebelah barat ibu kota Mogadishu mengatakan, jika “pemerintah terlebih dahulu pergi keluar negeri sebelum sayap islamis  bersenjata itu menguasai ibu kota.”

Konflik berdarah di Somalia terus terjadi menyusul ikut campur tangan Amerika di negeri itu. Sebelumnya, Amerika, bersama pasukan Kristen dari Ethiopia (atas dukungan Washington)  berusaha merebut Mogadishu yang sebelumnya dikuasai kubu Islam.

Campur tangan AS dan Ethiopia ini sebenarnya sebagai bentuk kekhawatiran akan diterapkannya Hukum Islam di negeri itu setelah bertahun-tahun kekacauan sejak tergulingnya orang kuat Mohamad Siad Barre pada 1991. Addis Ababa khawatir Negara Islam akan berdiri. Kasus-kasus yang berkaitan dengan masalah Islam seperti ini biasanya akan mudah menguap dan tak mendapat perhatian PBB, apalagi oleh Amerika.[alm/cha/atj/www.hidayatullah.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: