Partai Sekuler Konservatif Turki Mulai Bolehkan Jilbab

partaisekulerturkiBaru-baru ini, Partai Rakyat Sekuler Ataturk (CHP), sebuah sayap sekuler konservatif Turki mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan, yaitu diperbolehkannya memakai jilbab di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi Turki.

Harian Turki berbahasa Arab, Akhbar al-Alam (15/11), melansir jika pernyataan tersebut disampaikan oleh ketua CHP yang baru, Jorsal Takin, baru-baru ini dalam sebuah acara partai di kota Istanbul.

Beberapa wartawan bahkan sempat memotret Takin yang tengah memberikan penghargaan kepada salah seorang perempuan berjilbab. Saat itu, Takin juga didampingi oleh Deniz Beykal, pembesar CHP yang juga oposisi terbesar PM Recep Tayep Erdogan dan Presiden Abdullah Gul (dua kader Partai Keadilan Turki).

Kenyataan tersebut sontak menjadikan publik masyarakat Turki terkejut dan bertanya-tanya. Pasalnya, CHP tercatat sebagai partai sekuler terbesar yang selama ini gigih menentang pemakaian jilbab.

Beberapa surat kabar Turki menganalisa jika pernyataan Takin adalah pertanda dimulainya perubahyan haluan CHP untuk lebih menyesuaikan ideologinya yang sekuler dengan kenyataan masyarakat Turki yang mayoritas Muslim.

Sementara itu, analis politik Turki terkemuka Ibrahim Akbab, mengatakan jika apa yang dikatakan Takin tak lebih sebagai manuver politik untuk dapat meraih simpati dari rakyat Turki, utamanya terkait pemilu nasional yang akan dilaksanakan pada Maret tahun depan.

Di sisi lain, penulis Muslim Turki Ahmad Haqan, yang juga kolumnis pada harian terbesar Turki Hurriyet menyatakan, “Takin adalah sosok yang sangat unik dan berbeda di CHP. Ia sangat religius, disiplin, dekat dengan rakyat kecil, dan mempunyai perhatian tinggi terhadap masalah korupsi”.
Saat ini, CHP menguasai Mahkamah Konstitusi Turki, yang kerap bertentangan dengan kebijakan-kebijakan parlemen dan kepresidenan yang dikuasai kubu Islamis. Juni lalu, misalnya, Mahkamah Konstitusi Turki membatalkan undang-undang yang memperbolehkan pemakaian jilbab. Pada pemilu 2004 silam, CHP mengantongi 18,2 % suara, ketika Partai Keadilan dan Pembangunan Turki (AKP) mengantongi 60 % suara. [alm/ hrt/iol/atjeng/www.hidayatullah.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: