‘Jamaah Haji adalah ‘Aktor’’

dedem_ruchliaJamaah haji adalah “aktor” untuk menjalankan “peran” berbeda dalam prosesi ibadah haji. Mereka melakukan napaktilas perjalanan dan perjuangan dakwah keluarga Nabi Ibrahim a.s.

Demikian dikemukakan Ketua Yayasan Darma Asri (YDA), Drs. H. Dedem Ruchlia, MSi. dalam  acara Pembinaan Karyawan dan Pelepasan Empat Karyawan YDA Calon Jamah Haji 1429 H, di Ruang Seminar Besar Pusdai Jln. Diponegoro 63 Bandung, Selasa (11/11/2008).

Pada acara yang sama, Ketua Bidang Pelayanan, Ibadah, dan Haji (PIH) Pusdai Jabar, Drs. H. Ahmad Juwaena, MPd. menyampaikan ceramah/taushiyah yang disebutnya “kutil” (kuliah tiga belas menit). Dikatakannya, “penghajian”, yakni pemberangkatan karyawan untuk beribadah haji, merupakan bagian dari program YDA/Pusdai untuk meningkatkan kualitas SDM.

Menurutnya, haji merupakan panggilan Allah Swt. “Semua umat Islam diseru oleh-Nya untuk menunaikan ibadah haji.” tegasnya. Namun, imbuhnya, ada tiga persyaratan yang harus dimiliki untuk dapat memenuhi panggilan itu, yakni kemauan, kemampuan, dan kesempatan. “Jamaah haji harus perbanyak istigfar di tanah suci,” sarannya. (Mel).*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: