Menteri Muslim Inggris Direshuffle

Sahid Malik, muslim pertama dan satu-satunya muslim Inggris yang menjadi menteri kabinet Inggris.*

Sahid Malik, muslim pertama dan satu-satunya muslim Inggris yang menjadi menteri kabinet Inggris.*

Menteri Muslim pertama Inggris, Shahid Malik, terkena reshuffle kabinet Gordon Brown. Dari menteri pembangunan internasional, Malik dipromosikan menjadi menteri kehakiman.

“Di saat saya sesungguhnya menyukai tugas internasional saya untuk menyampaikan keadilan pada seluruh kemiskinan di seluruh dunia, saya dengan senang hati mengambil kesempatan untuk membuat warga Inggris mendapatkan keadilan,” kata Shahid seperti dilansir dari The Guardian, Ahad (5/10).

Sebagai anggota parlemen, Malik berpengalaman dalam penanggulangan kejahatan anak muda di Inggris.

Jika Malik mendapatkan jabatan baru selevel, Menteri Transportasi Inggris Tom Harris terpaksa harus melepaskan jabatannya. Anggota parlemen dari Selatan Glasgow itu menyatakan kekecewaannya dilepas dari jabatan empuk tersebut.

“Tentu saja saya kecewa. Saya menikmati menjadi menteri. Tapi saya realistis, jabatan menteri datang dan pergi, namun tugas sebagai anggota parlemen tetap lebih penting dari apapun. Dan tentu saja saya akan tetap mendukung pemerintah dari belakang,” ujar Harris.

Sebelumnya, Shahid Malik, diangkat sebagai Menteri di Departemen Pengembangan Internasional. Jejaknya kemudian diikuti oleh Sadiq Khan yang juga menjadi pejabat pemerintah.

Sementara masuknya Peter Mandelson di kabinet sebagai Menteri Ekonomi Inggris mendapat dukungan dari para menteri senior. Ed Miliband, yang kini menjadi Menteri Energi dan Perubahan Iklin, mneyatakan kembalinya Mandelson akan membuat kabinet semakin kuat. [kcm/www.hidayatullah.com]

Tinggalkan Balasan

