Muslim Albania Rayakan 600 Tahun Ramadhan

BAGI umat Muslim Albania, Ramadhan tahun ini terasa begitu istimewa. Pada puasa kali ini, mereka merayakan 600 tahun masuknya bulan suci Ramadhan ke negera mereka, yang bersamaan dengan masuknya Islam ke negeri semenanjung Balkan itu di bawah kekuasaan pasukan Turki-Utsmani.

“Ramadhan tahun ini bertepatan dengan 600 tahun usia masuknya Islam ke negeri Albania berdasarkan hitungan tahun Hijriah. Islam datang ke Albania pada tahun 827 H,” demikian ungkap salah seorang koresponden Islamonline di Albania, Rabu (27/8).

Ramadhan tahun ini juga berarti ramadhan kali ke-16 selepas Albania terbebas dari belenggu Komunisme Yugoslavia pada tahun 1990. Selama pemerintahan komunis mengontrol Albania, umat Muslim di negera itu dilarang melaksanakan puasa dan shalat, serta menunjukkan syi’ar-syi’ar keagamaan lainnya.

Setiapkali bulan suci Ramadhan tiba, umat Islam Albania selalu menyambutnya dengan penuh antusias. Beberapa aktivitas keagamaan tampak kian semarak dilakukan, baik di rumah-rumah, mesjid, sekolah, hingga di stasiun televisi, radio, dan beberapa fasilitas publik lainnya. Beberapa aktivitas tersebut meliputi paket bingkisan ramadhan, bakti sosial, buka puasa bersama dan shalat tarawih berjama’ah, kuliah dan pengajian Ramadhan, tilawah Al-Quran, dan lain-lain.
Albania terletak di semenanjung Balkan, Eropa Tenggara, dan terbilang sebagai negara mayoritas berpenduduk Muslim, yaitu sebanyak 3,5 juta jiwa atau 75 % dari total seluruh penduduk negara. Hingga saat ini, di Albania terdapat 1667 Mesjid dan ribuan madrasah Islam. Etnis Muslim Albania tersebar beberapa di negara Balkan, semisal Macedonia, Bosnia, Kosovo, Montonegro, Serbia Selatan, dan Yunani Utara. [hidayatullah.com].*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: