Pusdai – Pussenif TNI AD Gelar Opsih

MENYAMBUT HUT Ke-63 Kemerderkaan RI, karyawan Pusdai Jabar-Yayasan Darma Asri (YDA) dibantu 48 personil Pussenif TNI AD melakukan kegiatan “Operasi Bersih” (Opsi), Rabu (13/8) pagi, berupa pengecatan tembok pagar di lingkungan kompleks Pusdai Jabar (Jln. Surapati dan Jln. Pusdai) dan kanstin-pagar taman Jln. Pusdai Bandung.

Pasukan Pussenif TNI AD yang dipimpin Letda Inf. Tedi Nurdiantoro berbaur dengan karyawan/karyawati Pusdai-Yayasan Darma Asri yang dipimpin langsung Ketua YDA Drs. H. Dedem Ruchlia M.Si. melakukan pengecatan dan bersih-bersih, mulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB.

Ternyata, waktu yang dialokasikan tidak cukup untuk menuntaskan Opsih. Namun, menurut Dedem, bukan hasil Opsih yang menjadi tujuan utama kegiatan ini. “Tapi kerjasama dan kebersamaan antara tentara dan karyawan Pusdai,” katanya. “Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengapresiasi peran tentara dalam kemerdekaan Indonesia.”

Menurut Dedem, keterlibatan Pussenif TNI AD itu juga merupakan bagian dari pelaksanaan tugas TNI. “Ini tugas non-perang TNI, membina masyarakat sekitar dan berbaur, manunggal lah…,” tegasnya.

Hal senada dikemukakan Letda Inf. Tedi Nurdiantoro. “Keterlibatan kami merupakan bagian dari program TNI AD, terlibat aktif dalam kegiatan positif seperti ini bersama masyarakat sekitar,” katanya.

Dedem kemudian merujuk kepada Undang-Undang Nomor. 34 Tahun 2004 tentang TNI, yakni pasal 8 tentang “operasi militer selain perang”. Disebutkan, dalam Pasal 8 Ayat (2), “Dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI melaksanakan a. operasi militer untuk perang; b. operasi militer selain perang; c. melaksanakan pembinaan teritorial sesuai dengan peran dan wewenang TNI”. Melaksanakan pembinaan teritorial sesuai dengan peran dan wewenang TNI yang dimaksud dalam UU TNI adalah: 1). membantu pemerintah menyelenggarakan pembinaan potensi pertahanan dalam rangka meningkatkan kemampuan pertahanan negara; 2). membantu pemerintah menyelenggarakan wajib militer dan pelatihan dasar kemiliteran bagi warga negara; 3). mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat; 4). tugas lain berdasarkan peraturan perundang-undangan. Dalam hal pembinaan teritorial, “TNI bertugas melaksanakan pembinaan teri- torial sesuai dengan peran dan wewenang serta mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat”. (Mel).*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: