OKI Imbau Masyarakat Jerman Tolak Kongres Anti-Islam

Organisasi Konferensi Islam (OKI) mendesak semua lapisan masyarakat di Jerman menentang rencana pelaksanaan konferensi anti-Islam yang akan digelar di negara itu bulan September mendatang. OKI menyatakan keprihatinannya yang mendalam tentang rencana pelaksanaan konferensi yang bertajuk “Anti-Islamization Congress” tersebut. Keprihatinan OKI disampaikan dalam pernyataan resminya yang dirilis Sabtu (9/8). OKI menyatakan, kongres itu bertujuan untuk memicu sentimen anti-Muslim di Eropa. “Motivasinya adalah rasa kebencian, ” tegas OKI.

“Anti-Islamization Congress” akan dilaksanakan pada tanggal 19-20 September di Cologne, kota keempat terbesar di Jerman. Kongres itu diorganisir oleh organisasi kanan jauh Pro Koeln (memiliki lima wakil di Dewan Kota Cologne sejak tahun 2004) dan partai politiknya Pro NRW. Mereka akan mengundang kelompok-kelompok kiri jauh dan sejumlah tokoh politik Eropa antara lain Jean-Marie Le Pen dari Prancis, Heinz-Christian Strache dari Austria dan Filip Dewinter dari Belgia.

Pro-Koeln adalah salah satu kelompok yang menggagas kampanye anti pembangunan masjid di Cologne, kota di Jerman di mana terdapat sekitar 120.000 warga Muslim. Sebagian anggota Pro Koeln juga aktivis yang diidentikan dengan gerakan neo-NAZI. Kelompok ini menjadi salah satu kelompok yang diawasi oleh badan intelejen Jerman karena aktivitasnya melakukan genarisasi dan kerap melontarkan fitnah terhadap warga minoritas di Jerman, utamanya Muslim.

Dalam pernyataannya, OKI mengingatkan masyarakat Jerman bahwa kongres anti-Islam akan merusak hubungan yang harmonis antara para penganut agama yang berbeda di Jerman. “Kongres itu berpotensi menimbulkan ancaman terhadap hubungan yang damai dan harmonis di tengah masyarakat, ” kata OKI. Oleh sebab itu, OKI yang beranggotakan 57 negara Muslim menyerukan agar seluruh masyarakat Jerman menentang pelaksanaan kongres tersebut. “OKI berharap semua lapisan masyarakat di Jerman dan negara-negara Eropa lainnya dengan keras menentang pelaksanaan ‘Anti-Islamization Congress” dan menolak segala bentuk kampanye bernuansa rasis dan kebencian, ” tegas OKI.

Beberapa organisasi di Jerman sudah menyatakan penolakannya dan kecamannya atas rencana kongres itu dan menggelar kampanye boikot atas kongres anti-Islam tersebut lewat situs internet http://www.hingesetzt.mobi/cmsurging. (iol/eramuslim.com).*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: