Menag Serukan Ormas Islam Menyatukan Kalender Islam

MENTERI Agama Muhammad Maftuh Basyuni menyerukan kepada seluruh umat Islam yang terwakili dalam organisasi kemasyaratan Islam untuk mempunyai semangat dan sikap bersama dalam penentuan awal Ramadan, awal Idul Fitri (1 Syawal), dan awal Idul Adha. Menurut Basyuni, berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, perbedaan di antara umat Islam dalam menentukan awal dan akhir Ramadan, misalnya, dapat menimbulkan perselisihan kecil tapi mempengaruhi stabilitas keamanan dan ketenteraman masyarakat.

“Ya, perbedaan stadar penentuan kalender Islam, khususnya penetapan 1 Ramadan dan 1 Syawal sangat menghantui kita dan mengganggu ketenteraman di masyarakat,” kata Basyuni seusai membuka acara Halaqoh Internasional Alim Ulama dan Orientasi Hisab Rukyah di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Desa Mojosari, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (2/8), sebagaimana dikuti Tempointeraktif.

Perbedaan itu berpangkal pada penggunaan metode hisab dan rukyat yang dirujuk masing-masing ormas Islam. Ia sudah lima kali menggelar pertemuan dengan sejumlah ormas Islam untuk mencari metode bersama, tapi hasilnya belum memuaskan. “Metode itu kita susun dalam satu kitab yang bisa dijadikan rujukan bersama. Memang susah menyatukan perbedaan-perbedaan itu, tapi kita akan terus melakukan pendekatan-pendekatan kepada ormas-ormas Islam sehingga suatu saat ada satu patokan yang sama yakni mengawinkan hisab dan rukyah,” kata Basyuni.

Basyuni juga menyampaikan penghargaan yang tinggi pada Majelis Ulama Indonesia yang terus berusaha secara konsisten untuk menyatukan seluruh ormas Islam agar mereka bersepakat dalam penentuan 1 Ramadan, 1 Syawal, dan pelaksanaan Idul Adha. “Satu-satunya cara adalah sering-seringlah kita mengadakan kegiatan seperti halaqah ini. Perbedaan itu rahmat, tapi kita terus berikhtiar agar jangan sampai perbedaan-perbedaan itu justru menimbulkan perselisihan dan bahkan konflik di antara umat.” [hidayatullah.com].*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: